Wednesday, June 27, 2012

Pidato Presiden Baru Mesir (2012-2017), Dr. Muhammad Mursi

Saya tidak mungkin berdiri dihadapan anda sekalian kecuali berkat rahmat Allah SWT.

Terima kasih dan penghormatan kepada syuhada dan luka-luka teriring doa atas jasa mereka yang telah membukakan pintu.


Terima kasih kepada masyarakat Mesir dan militer yang saya cinta. Tidak ada yang mengetahui dalamnya cinta kecuali Allah SWT.


Terima kasih kepada hakim Mesir yang tengah mengawasi dan melancarkan pemilu.

Dalam pidato, Morsi menyebut provinsi-provinsi yang tidak mendapat perhatian dari Mubarak selama 30 tahun. Para buruh, sopir bus, masinis, pengemudi bajaj, para pelajar, semuanya adalah keluarga saya. Saya tidak akan membeda-bedakan.


Mari kita melanjutkan perjalanan, agar semua tuntutan revolusi tercapai. Dahulu kita selalu bertanya-tanya: kapan rakyat akan menjadi sumber kekuasaan sebagaimana di negara lain? Sekarang, Anda sekalian adalah penguasa.


Rakyat dan penguasa sama di depan hukum/undang-undang.

Saya tidak memiliki hak. Semua yang saya punya hanyalah kewajiban.


Apabila saya tidak melaksanakan semua janji-janji saya, maka janganlah patuhi saya.
وَاعْتَصِمُواْ بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعاً وَلاَ تَفَرَّقُواْWa’tashimu bihablillahi jami’an wa laa tafarraqu.(Surah aali Imran ayat 103 = dan berpegang teguhlah kamu sekalian kepada tali Allah (ugama Islam), dan janganlah kamu bercerai-berai;)


Mari bersama-sama kita pikul projek kebangkitan. Demi masa depan Mesir.

Kita semua bangsa Mesir, Muslim maupun Kristen, kita semua pelaku peradaban.


Saya akan menjaga semua perjanjian dengan semua negara. Saling menghargai. Saya tidak izinkan intervensi asing.

Ketahuilah semuanya, bahwa semua keputusan Mesir tergantung pada keinginan rakyatnya.

Saya paham bahwa kita semua dalam kondisi yang sulit. Tapi dengan taufik Allah kita akan melewati semua ini.


Saya tidak akan mengkhianati kalian semua. وَاتَّقُواْ يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ مَّا كَسَبَتْ وَهُمْ لاَ يُظْلَمُونَ Wattaqu yauman turja'uuna fihi ilallahi(Surah al-Baqarah ayat 281 - dan peliharalah diri kamu dari huru-hara hari (kiamat) Yang padanya kamu akan dikembalikan kepada Allah. kemudian akan disempurnakan balasan tiap-tiap seorang menurut apa Yang telah diusahakannya, sedang mereka tidak dikurangkan balasannya sedikitpun.)

Semua orang melihat itu jauh. Tapi kita memandang semua itu dekat

No comments:

Post a Comment