Saturday, March 14, 2009

SAYANGI ALLAH, RASULULLAH DAN KAWAN.....pasti terasa 'manisnya' IMAN @3

Di antara cara untuk mendapatkan kemanisan iman ialah:

CINTAI SESEORANG KERANA ALLAH
Mencintai seseorang, dia tidak mencintainya kecuali karena ALLAH.
Iaitu dengan maksud hendaknya hubungan antara seorang muslim dengan saudara muslim yang lain dilandasi dengan iman kepada ALLAH swt dan amal solih. Bertambahnya kecintaan bukan karena mendapat keuntungan material dan berkurangnya cinta bukan karena tiadanya manfaat dunia yang diperoleh, namun ukurannya adalah iman dan amal solih.

Selayaknya jalinan seorang muslim dengan muslim yang lain dibangunkan di atas landasan cinta kepada Allah swt. Karena jenis cinta seperti ini memiliki keutamaan yang amat besar, dan mendatangkan pahala yang banyak.

Imam al-Bukhari dan imam Muslim meriwayatkan hadits Nabi saw tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah pada hari tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. Salah satu di antaranya adalah, وَرَجُلانِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ
"Dua orang yang saling menyintai karena Allah, berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya"

HAK-HAK PERSAUDARAAN
a. Membantu memenuhi keperluan saudara- nya. Mafhum hadith, "Sebaik-baik orang adalah yang paling memberi manfaat kepada orang lain."
b. Tidak membicarakan
aib, meminta maaf ketika melakukan kesalahan, sebagaimana diri kita juga senang jika aib kita tidak dibicarakan, maka mereka pun demikian.
c.. Tidak membenci dan dengki terhadap nikmat yang diberikan Allah kepada saudara kita.
d. Mendoakan saudara kita tanpa pengetahuannya- baik ketika dia masih hidup atau setelah meninggal dunia. Karena doa yang dilakukan tanpa pengetahuan orang yang didoakan adalah mustajab, begitu pula bagi yang berdoa.
e. Bersegera mengucapkan salam jika bertemu, bertanya tentang kabar dan keadaanya, tidak bersikap sombong dan merasa tinggi.

Oleh itu marilah kita membina hubungan baik sesama mukmin apatah lagi sesama anggota jama'ah yang ingin menegakkan Islam sebagai cara hidup yang lengkap. Kerja-kerja Islam tidak akan terlaksana tanpa adanya hubungan yang harmonis dan tulus anggota/ahli dalam sesebuah jamaah atau gerakan Islam.

Sekian, terima kasih..

No comments:

Post a Comment